SELAYAR – KMP. Taka Bonerate tempuh 85 menit dari Pelabuhan Bira (Bulukumba) – Pamatata (Selayar) dalam pelayaran perdananya. Waktu tempuh ini lebih singkat dibanding KMP lainnya, Senin (07/06/2021) pagi.

Dari pantauan media, beberapa penumpang menyatakan kegembiraannya dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada pemerintah atas peningkatan pelayanan di bidang transportasi, khususnya pada lintasan Bira – Pamatata.

“Kapal ini mewah, bersih, dan nyaman karena full AC,” ucap Erwin dan Nur Anshar penumpang dari Makassar tujuan Selayar.

Kebersihan dan kenyamanan ini harus dijaga dan dipertahankan bersama, termasuk di dek tempat kendaraan, tambahnya.

“Fasilitas kapal ini seperti fasilitas hotel atau pesawat,” ucap Kadis Dikpora Mustakim KR, yang berbaur dengan beberapa penumpang lainnya seraya memandang beberapa fasilitas di ruangan penumpang.

Sejalan dengan itu, saat diskusi ringan di ruang komudi, antara Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, Kadis Hub Suwardi, GM Umar Imran Batubara, serta Nakhoda Karno dan KKM Abd. Haris (Putra Selayar asli Gantarang) sepakat agar kebersihan, ketertiban, kenyamanan dan keamanan selalu diperhatikan dan senantiasa disampaikan pada pelanggan saat mau berangkat, waktu berlayar, dan ketika mau sandar.

Sejumlah petugas dari unsur Dishub, ASDP, TNI, Polri, maupun Pol PP di Pelabuhan Pamatata, turut menyambut kedatangan KMP Taka Bonerate sekaligus mengarahkan para penumpang, pengusaha angkutan serta pedagang asongan.

Sekedar diinfokan, dalam pelayaran perdananya, KMP. Takabonerate memuat 20 kendaraan kecil, 2 Bus dan belasan kendaraan roda dua.