SELAYAR – Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., launching Pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Senin (29/3/2021).

“Mengingat pentingnya status perkembangan desa ini, saya harapkan kepada para kepala desa, pendamping desa dan seluruh stakeholders terkait untuk benar-benar bisa memastikan kebenaran dan validnya data yang diinput pada kuisioner IDM sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara fakta di lapangan,” pungkas Wakil Bupati Kepulauan Selayar.

Dalam keterangannya, Wakil Bupati Saiful Arif  menyebutkan, IDM ini dibentuk berdasarkan tiga indeks yaitu Indek Ketahanan sosial (IKS), Indek Ketahanan Eknomi (IKE) dan Indek Ketahanan Ekolomi (IKL).

“Selamat menjalankan semua kegiatan, semoga proses pemutakhiran status perkembangan desa melalui kuisioner IDM di Kabupaten Kepulauan Selayar dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama,” tutupnya.

Panitia pelaksana Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepulauan Selayar Irwan Baso dalam laporannya mengatakan, IDM ini adalah pengukuran tingkat kemandirian desa yang nantinya akan melahirkan lima status desa, yaitu mandiri, maju, berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal.