RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Tinggalkan Pulau Latondu yang menjadi lokasi awal Kunjungan Kerja, Monev dan safari halal bi halal, Wakil bupati Selayar, H. Saiful Arif meninggalkan KM Ayla yang cukup besar di La tondu, bergeser Ujung, ibukota Kecamatan Pasimasunggu Timur, Rabu sore, 10 Mei 2023.

Bersama Camat Pasi Masunggu Timur, H. Samsul Bahri dan Camat Pasimarannu, Syamsil dengan menggunakan alat transportasi laut tradisional, Jolloro kecil dengan kapasitas sangat terbatas.

Di samping Ajudan, Wabup bergeser meninggalkan Desa Latondu dikawal dua personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan).

Keputusan meninggalkan kapal tumpangannya di titik pertama, Latondu, dan bergeser meninggalkan rombongan yang lain, karena kapal masih bongkar muatan dan diperkirakan malam baru selesai, waktu tempuh Latondu – Jampea sekitar 4 – 5 jam, sementara itu sesuai agenda, Halal bi Halal dan dirangkaikanb dengan Tatap Muka dialog di Ujung Pasi Masunggu Timur, terjadwal jam 20.30 WITA.

Setiba di Kecamatan Pasimasunggu Timur, Saiful Arif langsung shalat berjamaah bersama warga setempat, dilanjutkan dengan koordinasi dengan camat dan pejabat setempat untuk kelancaran acara dan perjalanan menuju Benteng, Kecamatan Pasi Masunggu seusai acara.

Acara halal bi halal yang dirangkaikan dengan Tatap Muka dan Dialog dilaksanakan di Aula Kantor Camat, dihadiri Camat Pasimasunggu Timur, H. Samsul Bahri, anggota forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimca), para Kepala Desa dan perangkatnya, serta beberapa kepala dusun dan simpul simpul masyarakat lainnya.

Halal bihalal diawali dari rangkaian informasi agenda kunjungan rombongan yang mengikutsertakan perwakilan organisasi Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) sekaitan dengan kegiatan penyaluran bantuan kemanusiaan di dua wilayah kecamatan pulau mulai dari Kecamatan Takabonerate, dan Pasimasunggu, yang didasarkan pada hasil survey dan indeks desa membangun (IDM).