RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali-Saiful Arif, hadiri undangan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Pengurus dan Jamaah Masjid Babul Khaer Kelurahan Benteng Selatan, Sabtu (21/9/2024).

Turut hadir, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Andi Dwiyanti Musrifah Basli, Pemerintah Kecamatan Benteng, Tokoh Agama, Majelis Taklim, Jamaah dan Masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Basli menyampaikan apresiasi kepada pengurus Masjid Babul Khaer yang disebutnya sebagai masjid yang paling rutin melaksanakan kegiatan keagamaan.

“Selaku pemerintah, kami mendukung dan sangat berterima kasih kepada Pengurus Masjid Babul Khaer yang selalu konsisten, rutin melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini,” ucapnya.

Menurutnya, peringatan maulid nabi harus dimaknai sebagai upaya untuk meraih ridho ilahi, tentunya dengan meneladani dan mengikuti tuntunan yang di ajarkan oleh baginda Rasullah Muhammad SAW.

“Insya Allah, semoga kegiatan maulid ini memberikan keberkahan kepada kita semua dalam menjalani kehidupan,” tuturnya.

Basli juga sedikit menyinggung soal wahyu pertama yang diterima Rasulullah SAW melalui Jibril, Allah SWT memerintahkan untuk membaca ‘Iqra’ dengan menyebut nama Tuhan.

“Iqra, bacalah, lalu Lalu apakah yang dibaca oleh Nabi saat itu, Bukankah nabi saat itu tak bisa membaca dan menulis.” kata Basli.

Oleh karena banyak literasi menyebutkan bahwa iqra tidak sesederhana itu bermakna bacalah, namun mempunyai banyak makna.

“iqra bacalah dirimu sendiri dan renungkan dalam-dalam,” ujar Basli.

Lanjut Basli, menurutnya mengenali diri sendiri merupakan kunci untuk mengenali Allah SWT lebih dekat.

“Mengenali diri sendiri merupakan salah satu jalan mendekat kepada Allah SWT.” tutupnya

Sebelumnya Ketua Pengurus Masjid Babul Khaer, Dr Mulyadi Radjab menyampaikan rasa syukurnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati atas kesempatannya menghadiri peringatan Maulid ini.