RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, mengatakan PT Pelni siap mendukung kelancaran pelaksanaan Puncak Acara Festival Taka Bonerate (FTB) yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 10 Oktober 2024, di Pulau / Desa Jinato, dengan mengatur jadwal dan rute perjalanan.

Bersama dengan Kadis Perhubungan, Suardi, Sekdin Pariwisata dan Kebudayaan, Nur Ihsan Chairuddin, Kepala Seksi Jinato, Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Hidayat, serta Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hizbullah Kamaruddin, Wabup Saiful Arif bertemu dengan Kapala Cabang PT Pelni Makassar, Muh Jabir untuk membahas pengaturan jadwal dan rute kapal Sanus 85.

Mereka berharap agar kapal tersebut dapat berangkat dari Benteng Selayar sekitar tanggal 8, sehingga para pengunjung dan tamu dapat menghadiri Puncak Acara Festival Taka Bonerate di Pulo Jinato pada tanggal 10 Oktober 2024.

Bagi tamu dan pengunjung yang ingin pergi ke Selayar dan melanjutkan ke Jinato dengan menggunakan kapal Sanus 85, mereka diperbolehkan untuk menyesuaikan jadwal kapal Pelni tersebut, dengan keberangkatan dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar pada tanggal 6 atau 7 Oktober.

Festival Taka Bonerate (FTB), sebelumnya dikenal sebagai event TIE (Taka Bonerate Island Expedition), akan berlangsung mulai tanggal 6 hingga 12 Oktober.

Acara tersebut akan diadakan di dua tempat, pertama yaitu di Benteng atau daratan dengan kegiatan seperti Pesta rakyat pesisir, Pekan UMKM, Lomba mancing tradisional, Lomba pemilihan dai cilik, Lomba Lagu Daerah, Lomba lagu dangdut, Lomba tari kreasi pelajar Pancasila, Lomba cerita rakyat, Taka Bonerate band kontes 2024, dan Bicycle night.

Sementara lokasi kedua di Jinato dan Tinabo/Kepulauan, acara akan meliputi Tournamen Volly, Transplantasi karang, Seleksi duta karang, Rilis tukik (bayi penyu), Lomba mancing, Panggung seni dan hiburan, aksi penanaman pohon, Bina cinta alam dan pendidikan konservasi, serta Penyuluhan konservasi, dan lomba bersih pantai, ungkap Wabup Selayar, Saiful Arif.