RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Prosesi upacara pemakaman secara militer Ketua Legiun Veteran RI Kepulauan Selayar, H Abdul Fattah Kapten Purnawiran Tentara Nasional Indoensia Angkatan Darat (TNI-AD) berlangsung di Taman Makan Pahlawan Barugaia, Bontomanai Selayar, Senin (23/9/2024).

Almarhum Abdul Fattah Kapten (Purn) TNI-AD, NRP 392852 adalah seorang veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang wafat pada usia 87 tahun akibat sakit.

Pada saat Apel Persada, dipaparkan Riwayat Hidup Almarhum Kapten Purn Abdul Fattah, kemudian dilakukan Penurunan arwah ke liang lahad yang diiringi dengan tembakan salvo sebagai penghormatan terakhir.

Mewakili Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Kapten Inf Zainuddin Danramil 01 Bontosikuyu, dalam perannya sebagai inspektur upacara, menyampaikan bahwa upacara tersebut merupakan wujud penghormatan dan apresiasi dari pemerintah terhadap jasa dan pengorbanan Almarhum terhadap bangsa dan negara Indonesia.

“Dengan kepergian Almarhum, kita semua telah kehilangan seorang putra bangsa yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan dalam mewujudkan cita-cita bangsa” ucap Kapten Zainuddin dalam sambutannya.

Diharapkan bahwa perjalanan pengabdian yang telah dilakukan oleh Almarhum dapat menjadi teladan bagi kita semua dan semoga arwahnya diberkati di alam baka, tambah Kapten Zainuddin.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar yang juga mewakili keluarga Almarhum, menyatakan bahwa Abdul Fattah telah memberikan pengabdian terbaiknya sebagai pejuang kemerdekaan.

“Bahkan sebagai pahlwan beliau tak henti-hentinya memberikan inspirasi, motivasi dan semangat kepada kami sebagai generasi pelanjut” ujarnya.

Saiful Arif juga meminta maaf atas nama Abdul Fattah dan keluarga kepada semua pihak yang hadir, jika terdapat kesalahan yang disengaja maupun tidak dari Almarhum, serta mengucapkan terima kasih atas doa, partisipasi, dan kontribusi semua pihak yang turut serta menjadikan pemakaman berjalan lancar.

Pada akhir prosesi pemakaman, Inspektur Upacara, Wabup Saiful Arif, Kajari, mewakili Kapolres menabur bunga sebagai bentuk penghormatan terakhir atas jasa dan pengorbanan Almarhum Kapten Purn Abdul Fattah.