RAKYAT NEWS, SELAYAR – Pemkab Kepulauan Selayar melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian kolaborasi USAID Erat menggelar kegiatan sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) di lingkungan Mahasiswa (Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhamadiyah) ITSBM Selayar, Sabtu (28/09/2024).

Sosialisasi digelar disela rangkaian kegiatan Malam Keakraban (Makbar) Akbar Mahasiswa baru ITSBM yang dilaksanakan di Pantai Taman Melon Desa Patikarya, Kec. Bontoharu.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Humas IKP Andi Sandra Esty Abriany sebagai narasumber, Distrik Fasilitator USAID Erat Baharuddin Solongi, Biro Administrasi Perencanaan, Akademik, dan Kemahasiswaan Yanuar Taufik, serta diikuti kurang lebih 50 mahasiswa baru peserta Makbar Akbar ITSBM.

Kabid Humas IKP Andi Esty pada awal pemaparannya menjelaskan bahwa Kanal SP4N LAPOR merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang dikelola Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) sebagai Pembina Pelayanan Publik.

Dikatakan bahwa dibentuknya SP4N LAPOR untuk merealisasikan kebijakan yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan, aspirasi, serta permintaan informasi dari manapun & jenis apapun yang akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya.

“SP4N Lapor merupakan wadah bagi adek-adek dalam menyampaikan baik itu bersifat aduan, aspirasi, maupun permintaan informasi yang dibutuhkan terkait layanan publik, jadi kedepanya tidak usah lagi sampaikan di Facebook (Sosmed)” ucap Kabid Andi Esty dihadapan Mahasiswa

Proses sosialisasi berjalan interaktif, diharapkan dengan sosialisasi ini mahasiswa lebih mengerti adanya satu saluran penyampaian pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik, serta dapat meningkatkan pelayanan publik di Kepulauan Selayar.

Sementara dari pihak kampus Yanuar Taufik mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya memanfaat kanal SP4N Lapor sejalan dengan salah satu tridarma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat.