RAKYAT NEWS, SELAYAR – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Ir. H. Muh. Arafah, ST.,MT mewakili Pj. Gubernur Sulsel secara resmi membuka pesta rakyat pesisir dan festival UMKM Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2024, di Taman Pelangi Benteng, Senin (7/10/2024) malam.

Pembukaan yang ditandai dengan penabuhan gendang, Kadis Budpar Sulsel nampak didampingi oleh Sekda Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, M.Ec.Dev.

Diketahui, pesta rakyat pesisir dan festival UMKM ini merupakan rangkaian pendukung event utama pariwisata Selayar, yakni festival Taka Bonerate Tahun 2024.

Kadis Budpar Sulsel Muh. Arafah dalam sambutannya menyampaikan pesan Pj. Gubernur Sulsel bahwa bukan hanya dirinya, namun beberapa gubernur sebelumnya memiliki atensi khusus untuk Kepulauan Selayar.

Hal ini disampaikan mengingat Selayar memiliki daya Tarik yang luar biasa khususnya dibidang pariwisata, terutama Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate yang harus dieksplore dan diviralkan diberbagai di media sosial.

“Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate yang memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia harus kita eksplore agar menjadi primadona di Indonesia,” ucap Muh. Arafah.

Kadis Budpar Sulsel menyebutkan bahwa Pj. Gubernur meminta secara khusus kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk melakukan tiga hal, dalam rangka peningkatan pariwisata, yaitu aksebilitas, amenitas, dan atraksi.

“Kita telah membangun akses yang begitu banyak, namun kendala terakhir kita adalah bagaimana penerbangan dari Makassar-Selayar bisa terlaksana dengan cepat. Bahwa disetiap tempat yang ada di Selayar terutama yang ada di Taka Bonerate setidaknya ada homestay yang memadai, menjaga kebersihan dan penunjang lainnya bisa hadir, sehingga para wisatawan tidak mengalami kendala jika hendak menuju Takabonerate. Untuk atraksi, upayakan di Selayar atraksinya jangan hanya sekali dua kali dalam setahun, setidaknya dalam satu triwulan harus ada atraksi,” tutup Kadis Budpar Sulsel.