RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Festival Taka Bonerate 2024 yang dirangkai Pesta Rakyat Pesisir di Kabupaten Kepulauan Selayar, memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal, khususnya bagi pelaku UMKM.

Manfaatnya dirasakan langsung oleh Jurana, owner olahan makanan dengan brand Oghywara. Ia mengaku omset yang biasanya mencapai Rp500 ribu, meningkat drastis dengan hadirnya perayaan ini yang bisa menembus tiga kali lipat. “Hal ini tentu sangat membantu perekonomian keluarga,” ucapnya.

Tidak hanya Jurana, Dian sebagai pelaku usaha parfum, merasakan hal serupa. “Ketika ada kegiatan seperti festival ini, dipastikan jumlah pembeli meningkat, dan pendapatan pun meningkat,” ujarnya.

“Kami harapkan ke depan pemerintah daerah tetap melaksanakan event yang sama, karena pedagang kecil seperti kami merasa sangat terbantu,” ujar Sunarti Yusuf, Pedagang Kaki Lima yang penjualannya juga meningkat.

Sepanjang acara, festival ini dimeriahkan ragam produk lokal, mulai dari makanan ringan, berat serta berbagai minuman terlihat ramai dikunjungi pengunjung begitu juga dengan stand-stand lainnya, seperti stand souvenir, aksesoris, parfum tak luput dari perhatian pengunjung.

“Kami sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan ini, terjadi peningkatan omset penjualan yang signifikan selama event berlangsung,” ucap Lisma, Koordinator UMKM di acara festival tersebut.

Menurutnya, perayaan ini bisa menjadi sarana promosi usaha lokal Selayar agar bisa meningkatkan daya saing pasar.