RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar peringati malam Nuzulul Qur’an 1444 H/ 2023 M di Mesjid Agung Al-Umaraini Benteng, usai melaksanakan Shalat Tarwih berjamaah, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif sekaligus membawakan hikmah Nuzulul Qur’an. Jumat, 7 April 2023.

Baca JugaBuka Puasa Bersama Peradin Sulsel Bahas Program Strategis

Tema yang diusung adalah “Tingkatkan Rasa Cinta dan Amalkan Al-Qur’an Menuju Kepulauan Selayar yang religius”. Saiful mengemukakan bahwa Al-Qur’an bukan sekedar dicintai tetapi juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Itu adalah bukti bahwa kita cinta Al-Qur’an, ” pungkasnya.

Dalam ceramahnya menjelaskan bahwa para ahli berbeda pendapat tentang turunnya Al-Qur’an. Disebutkan ada dua makna Nuzulul Qur’an. Yang pertama kata Saiful, Al-Qur’an diturunkan secara keseluruhan ke langit dunia. Makna yang kedua turunnya Al-Qur’an secara berangsur-angsur dari langit dunia kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril selama 23 tahun atau 22 tahun 2 bulan 22 hari.

“Ada yang mengatakan di bulan Rabiul Awal, ada juga yang mengatakan di bulan Rajab, juga ada yang mengatakan di Bulan Ramadan,” jelasnya.