RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melakukan aksi tanam pohon di Bumi Perkemahan Suburu, Desa Bontosunggu, Kecamatan Bontoharu, untuk memperingati Hari Bumi pada Senin (22/4/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Selayar, Muh. Taufik Kadir menyebutkan, khusus bumi perkemahan Suburu, ditanam dua jenis tanaman yaitu tabebuya dan pucuk merah. Total bibit yang ditanam sebanyak 100 pohon dengan rincian 50 pohon Tabebuya dan 50 pohon pucuk merah.

“Khusus di bumi perkemahan ini kita tanam Tabebuya dan pucuk merah, totalnya 100 pohon. Namun demikian ada beberapa OPD seperti dari Cabang Dinas Pendidikan meminta agar bibit yang akan mereka tanam dilingkungan mereka masing-masing,” ucap Taufik.

Taufik berharap, aksi penanaman pohon pada peringatan Hari Bumi ini dapat mengurangi cuaca panas khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Selain memberikan keindahan, kita berharap kedepan pohon-pohon yang kita tanam dapat memberikan kesejukan,” kata dia.

Pada momentum peringatan Hari Bumi 2024, Kadis Lingkungan Hidup mengimbau agar masyarakat sadar akan pentingnya pepohonan yang ada dilingkungan sekitar.

Olehnya itu, untuk keberlanjutan dari penanaman pohon tersebut, akan dilakukan pemantauan secara berkala bersama-sama dengan rekanan, sehingga pohon yang ditanam itu bisa terawat dan terpelihara.

“Dengan adanya penanaman pohon ini kita berharap dapat mengubah cuaca di Selayar kedepannya menjadi sejuk, sekaligus dapat menambah sumber air di daerah ini,” kata Danramil 1415-01 Bontosikuyu, Kapten Inf Zainuddin.

Pihaknya akan terus berupaya, agar masyarakat tergugah hatinya akan pentingnya penanaman pohon.

“Kami akan terus mengedukasi masyarakat agar lebih paham keinginan dari pemerintah untuk menghijaukan bumi Kabupaten Kepulauan Selayar berjuluk Tanadoang ini,” imbuhnya.