RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-78 Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2023, menggelar serangkaian kegiatan. Diantaranya cleaning on the road dan lomba PMR sedaratan Selayar serta donor darah secara sukarela.

Giat tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif di Lapangan Pemuda Benteng, Minggu, 17 September 2023. Selain jajaran pengurus PMI, kegiatan ini juga juga dihadiri oleh sejumlah unsur forkopimda dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan Pimpinan BUMD.

Dalam giat cleaning on the road, jajaran anggota dan pengurus PMI melakukan kegiatan jalan santai disejumlah ruas jalan protokol sembari pungat sampah disepanjang rute yang dilalui. Sedangkan untuk lomba PMR diantaranya adalah lomba bongkar pasang tandu.

Saiful Arif yang juga adalah Ketua PMI Kabupaten Kepulauan Selayar dalam sambutannya sedikit mengenang kembali sejarah terbentuknya PMI.

Dikemukakan, PMI sampai saat ini masih tetap eksis sebagai organisasi sosial kemanusiaan yang besar, pasalnya dalam menjalankan tuga selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar PMI.

Kata Saiful Arif, terkhusus di Kabupaten Kepulauan Selayar, PMI aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan. Selama Tahun 2023 kata dia, telah banyak melaksanakan kegiatan, diantaranya mengikuti jumbara tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, sunatan massal, donor darah, aktif melaksanakan kegiatan pertolongan pertama dan pelayanan ambulance, serta menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran.

Saiful Arif berharap, dihari yang bersejarah ini, kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI bukan hanya sekedar seremonial belakang, tetapi melakukan perenungan dan monitoring serta evaluasi terhadap kontribusi di Hari Ulang Tahun PMI.

“Apa yang kurang hendaknya kita hindari, apa yang baik hendaknya kita pertahankan dan ditingkatkan dari waktu ke waktu,” ucapnya.