RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Dalam rangka percepatan penurunan Stunting, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) melaksanakan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat (PKM) di Kampung Keluarga Berkualitas (KB), Sekretariat PKK Kepulauan Selayar di Jalan Muh. Krg Bonto Benteng, Kamis pagi (19/10).

 

Kegiatan ini dirangkaikan dengan launching sekolah lansia, pencanangan kampung dan rumah dataku, pengukuhan duta genre, dan launching Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

 

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Kepulauan Selayar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kesra, Mudzakkir Muin, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Shodiqin, yang mewakili Ketua TP PKK Kepulauan Selayar, Kepala Dinas DP3AP2KB Selayar, Andi Massaile, serta para undangan lainnya.

 

Sambutan Bupati yang disampaikan oleh Mudzakkir Muin mengemukakan, kampung KB merupakan salah satu miniatur pelaksanaan program bangga kencana yang harus bersinergi dengan stakeholder dari instansi pemerintah, mitra kerja swasta dan masyarakat, yang dilaksanakan di desa diseluruh Kabupaten/Kota. Tujuannya kata dia meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat desa atau yang setara.

 

Ia juga menyebutkan bahwa di tahun 2023 ini sudah 88 Desa/Kelurahan yang telah terbentuk menjadi Kampung KB. sebelumnya diakhir tahun 2019 baru mencapai 27 Kampung KB.

 

Mudzakkir Muin mengharapkan dengan terbentuknya Kampung KB sejalan juga terbentuknya Rumah Data Kependudukan, DASHAT, Sekolah Lansia, dan terbentuknya Duta Genre di Desa dan Kelurahan sehingga dapat berperan aktif dan berjalan sebagaimana mestinya.

 

“Tentunya selaku Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sangat mengharapkan tidak sekedar wadahnya saja yang terbentuk, tetapi semua kelompok ini dapat aktif dan berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama,” ucap Mudzakkir.