RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Badan Pusat Statistik (BPS) kerjasama Bidang Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Focus Grup Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Kabupaten Kepulauan Selayar dalam Tahun 2024 dan Pembinaan Statistik Nasional.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif di Ruang Pola Kantor Bupati pada Rabu (7/2/2024). Hadir Kepala BPS Selayar, Andi Makmur Jaya; Kadis Kominfo, Ahmad Yani; Kepala Bappelitbangda, Basok Lewa; serta undangan lainnya.

“Apresiasi juga saya sampaikan atas kontribusi semua pihak dalam mewujudkan kegiatan statistik sektoral di Kabupaten Kepulauan Selayar,” kata Saiful.

Kata Saiful, Data Statistik Sektoral merupakan landasan yang sangat penting dalam pengambilan keputusan serta rencana pembangunan daerah, selain itu merupakan alat untuk menginformasikan tentang kondisi, performa, perubahan dan kebutuhan setiap sektor.

“itu sebabnya dengan adanya kegiatan statistik sektoral dapat membantu kita untuk memahami dan mengevaluasi perkembangan sektor-sektor seperti ekonomi, sosial, pendidikan dan lainnya,” kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa penyelenggaraan statistik sektoral yang baik dan terpercaya akan memberikan manfaat yang signifikan dalam proses perencanaan pembangunan.

Mengakhiri sambutannya, Saiful menyampaikan kepada seluruh perangkat daerah dan instansi terkait lainnya dilingkup Kabupaten Kepulauan Selayar agar terus membangun soliditas dan sinergitas dalam mendukung terlaksananya kegiatan statistik sektoral yang semakin baik dan berkualitas.

Saiful juga menyerahkan Sertifikat Piagam Penghargaan kepada BPS Selayar atas kerjasama yang baik dalam layanan penyajian rilis publikasi Selayar Dalam Angka untuk Tahun 2024.

Sebaliknya, pada kesempatan yang sama BPS Selayar memberikan penghargaan kepada sejumlah OPD.

Penerima Penghargaan Organisasi Perangkat Daerah Yang Menjadi Sampel dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statstik Sektoral (EPSS) Tahun 2023:
1. Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar; dan
2. Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar.