RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Perjalanan lima tahun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tehnologi (Kemendikbud Ristek) memberi kesan tersendiri dalam memimpin gerakan merdeka belajar untuk menyadarkan tentang tantangan dan kesempatan memajukan pendidikan Indonesia.

Melakukan transformasi sistem yang besar, mengubah perspektif tentang proses pembelajaran bukanlah hal sederhana.

Perasaan tidak nyaman beriringan dengan langkah untuk perbaikan dan kemajuan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kepulauan Selayar, Mesdiyono, membacakan pidato dari Kemendikbud Ristek saat upacara Hari Pendidikan Nasional di Kantor Bupati, pada Kamis (2/5/2024).

Katanya, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah dibayangkan, seperti pandemi yang mengubah konsep belajar mengajar dengan begitu drastis. Di saat yang sama, kondisi tersebut memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.

“Dengan penuh harapan saya titipkan merdeka belajar pada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” ucap Mesdiyono.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” lanjutnya.