RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk memastikan ketersediaan pangan menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Gelaran tersebut berlangsung di Taman Pusaka Benteng Selayar, Rabu (6/3/2024).

GPM ini berlangsung serentak pada seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, setelah dibuka resmi oleh Bahtiar Baharuddin selaku Gubernur.

Kepala DPK Kepulauan Selayar, Mimi Julianti mengatakan bahwa Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan ini merupakan sinergi bersama antara Pemkab dan Forkopimda serta Perum Bulog untuk menjaga stabilitas dan harga pangan.

“Ini adalah hasil koordinasi bersama, Pemkab, Kodim, Polres dan Kajari Kepulauan Selayar dalam rangka pengendalian stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Ramadan dan Idul Fitri 1446 H tahun 2024. dan akan terlaksana hingga dua hari kedepan yakni 6 – 7 Maret 2024,” ujarnya.

Mimi berharap upaya ini dapat mewujudkan ketejangkauan harga pangan khususnya sembako dimasyarakat.

Untuk itu, melalui kesempatan ini, Mimi mengajak dan mengimbau para pedagang atau distributor pangan untuk tidak secara sepihak mempermainkan harga untuk mencari keuntungan dengan memanfatkan situasi jelang Ramadan.

“Pemerintah akan terus berupaya mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikan yang dapat membebani ekonomi masyarakat,” kata Mimi.

Pelaksanaan GPM ini mendapat respons positif, terpantau warga sangat antusias untuk memperoleh pangan dengan harga dibawah harga pasar.

Salah seorang ibu rumah tangga bernama Sunarti (43), warga Benteng Selatan, mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan pangan murah ini, ia merasa terbantu dan berharap dapat dilaksanakan setiap saat.

Hal senada disampaikan Arman (49) warga Benteng. Ia mengapresiasi, juga berterima kasih dengan adanya GPM ini. Menurutnya, ini sangat membantu masyarakat.