RAKYAT NEWS, SELAYAR – Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali telah resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2024. Pengukuhan ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Kamis (15/8/2024) malam.

Mereka yang dikukuhkan akan melaksanakan tugas negara untuk pengibaran dan penurunan duplikat Bendera Pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, yang akan dilaksanakan di Lapangan Pemuda Benteng, 17 Agustus mendatang.

Mengawali prosesi pengukuhan, dilakukan pembacaan ikrar putra Indonesia dipandu oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), diikuti oleh seluruh paskibra. Dilanjutkan dengan pernyataan pengukuhan oleh Pembina Upacara yakni Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali.

Penyematan pemasangan Kendit kepada perwakilan Capaskibraka secara simbolis sebagai tanda pengukuhan Paskibraka oleh pembina upacara, H. Muh. Basli Ali.

Amanat Bupati Kepulauan Selayar menyampaikan selamat kepada seluruh Paskibraka yang telah melalui beberapa tahapan seleksi sampai dinyatakan lulus dan menjalani pemusatan pendidikan.

“Kesuksesan adik-adik yang diraih pada hari ini, adalah baru kesuksesan pada titik awal sebagai Paskibraka yang akan melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan duplikat Bendera Pusaka,” ucap Basli Ali.

Tantangan berikutnya kata Basli Ali adalah saat menjadi purnapaskibraka, yaitu perlu bersaing pada seleksi berikutnya untuk merebut status duta Pancasila Purpaskibraka yang akan diangkat oleh BPIP setelah mengikuti diklat pembinaan Ideologi Pancasila dan dinyatakan lulus.

Sebagai penutup, orang nomor satu di Kabupaten Kepulauan Selayar ini menyampaikan terima kasih Dandim 1415 Kepulauan Selayar dan Kapolres karena telah menugaskan anggotanya sebagai penyeleksi dan pelatih calon anggota Paskibraka.

“Terima kasih kepada pembina, pamong, pelatih, dan narasumber pembawa materi pembelajaran aktif, serta seluruh panitia pembentukan Paskibraka Tahun 2024,” tutup Basli Ali.