RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Program Bakti Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia menyentuh Masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar.

Melalui Balai Paggurangi Takalar dan Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar, Bakti Sosial dilaksanakan dalam bentuk penyaluran Paket Bansos kepada masyarakat.

Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, didampingi Pihak Kemensos, Cecep Sulaiman dan Kadis Sosial, Sakmawati, secara langsung menyerahkan paket Bantuan Sosial kepada para perwakilan masyarakat penerima manfaat, di Rumah Jabatan Bupati pada Rabu (4/9/2024).

Bupati Basli Ali pun berharap, Bansos yang diberikan ini membawa manfaat dan sedikit bisa meringankan beban para penerima. “Semoga bantuan ini bermanfaat,” harapnya.

Melalui kesempatan ini, Basli mengajak seluruh pihak memberikan dukungan dalam meningkatkan kesejahteraan, kemandirian, dan kesamaan hak-hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Mewakili pihak Kemensos RI, Cecep Sulaiman mengungkapkan, total nilai bantuan dalam Program Bakti Sosial ini yang disalurkan ke Kabupaten Kepulauan sebanyak Rp1,3 Milyar rupiah lebih.

Kata Cecep, bantuan ini mencakup bantuan sembako, bantuan rehabilitasi sosial untuk pemenuhan hidup layak, bantuan kewirausahaan, serta alat bantu bagi lansia dan disabilitas, seperti alat pertukangan, kursi roda bagi peyandang disabilitas, peralatan sekolah untuk anak kelurga rentan miskin dan lainnya.

Penyaluran bantuan sosial ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat khususnya bagi masyarakat Kepulauan Selayar, Imbuh Cecep Sulaiman.

Sementara itu, Kadis Sosial Kepulauan Selayar, Sakmawati menuturkan bahwa bantuan tersebut hasil koordinasi Bupati dengan Kemensos, yang penerimanya ditargetkan bagi keluarga rentan, Lansia dan Disabilitas yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sakmawati menjelaskan, bantuan ini sebelumnya sudah melalui verifikasi dan di assesment langsung oleh Pihak Kemensos sebelum bantuan tersebut diberikan kepada penerima manfaat.