Sedangkan Sekda Mesdiyono menyampaikan, ditempat yang berbeda akan dilaksanakan pembukaan festival Taka Bonerate (FTB) 2024 yang berpusat di Pulau Jinato, salah satu pulau didalam Kawasan Taman Nasional Takabonerate.

Disebutkan, FTB 2024 itu berisikan sejumlah kegiatan, diantaranya eksplorasi Taka Bonerate dan dive camp.

“Keduanya bertujuan unyuk memperkenalkan keindahan darat dan bawah laut Taman Nasional Taka Bonerate kepada wisatawan yang menjadi peserta event tersebut,” terangnya.

Sementara untuk pesta rakyat pesisir kata Mesdiyono, berisikan berbagai kegiatan lomba dan hiburan.

Terdiri dari lomba mincing tradisional, lomba lagu daerah, lomba cerita rakyat, lomba lagu dangdut, dan lomba tari kreasi pelajar Pancasila.

Uniknya kata dia, beberapa lomba salah satu kategorinya seluruh penonton yang hadir akan diajak berpartisipasi unruk menjadi juri dengan cara voting melalui aplikasi QRIS

“Untuk festival UMKM kita menghadirkan 70 peserta yang didominasi oleh penyedia makanan dan minuman. Jika di Taman Nasional Taka Bonerate ada eksplorasi terumbu karang, maka di Taman Pelangi juga ada eksplorasi kuliner. Jika lupa bawa dompet tidak masalah yang penting bawa smartphone yang punya aplikasi dompet digital, karena kita akan membayar melalui QRIS di masing-masing UMKM,” pungkasnya.

Menutup sambutannya, Sekda Selayar mewakili Bupati berharap dengan pesta rakyat pesisir dan festival UMKM dapat terwujud multiplier effects atau penciptaan dampak ekonomi yang berganda dan positif.

Hadir pada pembukaan pesta rakyat pesisir dan festival UMKM Ketua TP PKK Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli, Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Sulsel, Forkopimda, para pimpinan OPD.

Para pimpinan Bank di Kabupaten Kepulauan Selayar bersama para undangan lainnya.