RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Masyarakat Selayar (PERMAS), yang dipimpin Syamsu Rizal atau Deng Ical telah menjalin kerjasama melalui Nota Kesepahaman dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Selayar, pada Senin (19/6/2023).

Baca Juga : Ketua DPP Takudaeng Parawansa : PSI Menolak Politik Uang dan Mahar

Penandatangan kerjasama memuat tentang ‘zakat, infaq dan sedekah (ZIS) masyarakat Selayar yang ada diperantauan’ dilakukan langsung di Kabupaten Selayar yang masing-masing ditandatangani Deng Ical dan H. Odding Karim, Ketua Baznas Selayar. 

Dalam nota kesepahaman memuat 3 pasal terkait pengelolaan ZIS bagi masyarakat Selayar yang ada di pertantauan. Adapun materi perjanjian berdurasi lima tahun dan dapat diperpanjang kembali maupun juga dapat  diakhiri sebelum masa jangka waktu. 

Deng Ical yang juga Ketua PMI Kota Makassar usai penandatanganan kerjasama menyampaikan ini adalah komitmen dalam hal bersama mejalankan kebaikan untuk mendapat berkah pahala.

“Alhamdulillah, hari ini (Senin 19 Juni) kami PERMAS menandatangani MoU bersama BAZNAS Kab Kep Selayar. Tentu semua bermuara untuk memastikan potensi dan saling peduli menjadi lebih bermanfaat dan tepat sasaran, InsyaaAllah,” ungkapnya.

Tidak sampai disini, kedatangan Deng Ical ke kampung kelahirannya ini, juga menggandeng MUI Selayar dalam kaitannya pengelolaan zakat.

Menurut Mantan Wakil Wali Kota Makassar ini, untuk Ketua MUI Selayar baru membicarakan format agar dapat bersinergi dan berjalan beriringan.

“Tapi intinya (bersama MUI) memaksimalkan potensi diaspora Selayar. Salah satunya untuk Qurban bisa diarahkan untuk di kampung jalaman,” ungkapnya. 

Diketahui Deng Ical berangkat dari Makassar Minggu (18/6) subuh bersama empat orang lainnya mendampingi.

Sekitar empat jam tiba di pelabuhan di Bulukumba dan melanjutkan naik kapal feri sekitar dua jam tiba Batang, Selayar.

Selama di Tanadoang julukan Selayar, Deng Ical banyak bersilaturahmi dengan tokoh tokoh masyarakat dan sekaligus nostalgia ke kampung halaman. 

Rencananya Deng Ical baru akan meninggalkan Selayar pada Rabu 21 Juni 2023.