RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, bersama BPJS Ketenagakerjaan gelar sosialisasi jaminan sosial ketenagakerjaan di Kepulauan Selayar, Sabtu, 24 Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah menekankan akan hak setiap warga negara untuk mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Jaminan sosial ini sangat penting, dan setiap warga negara berhak untuk mendapatkannya, jika memenuhi kewajiban mereka sebagai warga negara. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan iuran yang sangat terjangkau,” ujarnya.

Jaminan sosial bukan hanya ditujukan bagi mereka yang bekerja di kantoran, petani, nelayan, pelaku UMKM, dapat turut merasakan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan ini.

“Kita berharap saudara kita yang sedang bekerja, berjuang untuk perekonomian keluarga dapat bekerja dengan tenang dalam melakukan kegiatan atau aktivitas karena sudah terlindungi dari resiko-resiko sosial,” lanjutnya.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Makassar Sulsel, Widhiastri Aprillia, yang memberikan pemaparan terkait manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan mencakup jaminan hari tua, Jaminan kecelakaan kerja, Jaminan kematian, Jaminan pensiun, dan jaminan kehilangan pekerjaan,” ungkapnya.

Selain itu, masih terdapat mannfaat lainnya seperti beasiswa pendidikan, kredit kepemilikian rumah KPR, Pinjaman untuk renovasi rumah, program-program pelatihan, dan layanan jasa konsultasi.