RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar,  berlangsung dengan khidmat dan lancar, pada Kamis (17/8/2023).

Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali selaku inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut.

Bertindak selaku Perwira Upacara  adalah Letda Inf Muh. Rusdy Pjs. Pasi Ops Kodim 1415 Selayar sementara Komandan Upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kapten Arh. Muh Danial Rustan.

Bunyi sirene panjang dan suara tembakan sebanyak tujuh belas kali menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Pemuda Benteng Kepulauan Selayar.

Dilanjutkan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Mappatunru, membacakan naskah proklamasi yang pada 78 tahun lalu diproklamirkan oleh, Ir. Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari penjajahan.

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Pasukan Pengibar Bendera. Sang Merah Putih pun berkibar sempurna dengan gagah berani.

Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, makna dari tema ini sendiri sebagai gambaran pencapaian yang sukses diraih sehingga posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara. Melalui tema tersebut, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju.