RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif bersama delegasi audiensi ke Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulsel dengan tujuan memperkenalkan pariwisata dan kerjasama dukungan kegiatan, Senin, 28 Agustus 2023.

Saiful didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Selayar, Muh. Arsyad dengan Muh.Ihsan sebagai Sekretarisnya, Serta Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Ahmad Yani.

Kedatangan mereka disambut Deputi Kepala Perwakilan, M. Firdauz Muttaqin beserta jajarannya.

Muh. Arsyad mengatakan, Festival Taka Bonerate yang telah dilaksanakan sejak 2008 ini akan kembali hadir pada pekan terakhir Oktober mendatang di Selayar daratan dan beberapa desa di kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, pada tanggal 26-30 Oktober.

Tanggal tersebut dipilih mengingat siklus cuaca pada waktu tersebut adalah musim yang teduh dan aman untuk berkeliling pulau.

Saiful Arif mengatakan, event dengan tema Selayar : Pesona Bahari, Kemilau Budaya bertujuan memperkenalkan daya tarik destinasi Pariwisata Sulsel di Selayar, mendukung pengembangan pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, mendorong investasi dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Kami paparkan berbagai kegiatan dan atraksi yang telah dipersiapkan, antara lain, Wonderful Selayar, Grand Opening Festival Taka Bonerate, Eksplorasi TakaBonerate Island, Sail and Sale Selayar,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa, 29 Agustus 2023.

Khusus di Pulau Jinato, akan dilaksanakan lomba Perahu Indah, Jolloro Race, Lomba Mancing, Festival Bakar Ikan, Pentas Musik dan Tari, Pemilihan Da’i Cilik Karang, Pemilihan Duta Karang, Lomba Foto Taka Bonerate, Pameran UMKM, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Lomba Adzan, dan bakti lingkungan berupa aksi bersih pantai.

Sementara, di Pulau Tinabo dan sekitarnya akan dilaksnakan kegiatan Diving, Land Tour, Adovsi Penyu dan Pohon, Transplantasi Karang, atraksi Baby Shark, Snorkling, Menikmati panorama alam bahari, dan Camping.