RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif hadiri sosialisasi dan launching Aksi Perubahan Optimalisasi Pelayanan Disabilitas Mental melalui penyiapan Rumah Singgah “Pangamaseang” bagi Keluarga Pasien, yang bertempat di Kantor Dinas Sosial Kepulauan Selayar, Kecamatan Bontoharu, Senin, 4 September 2023.

Sosialisasi dan Launching ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial, Hj. Satmawati yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan, yang mewakili RSUD KH.Hayyung, dan Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Asni Muslimin.

Satmawati menyampaikan bahwa dengan terus meningkatnya jumlah Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kepulauan Selayar ini, maka pengadaan Rumah Singgah menjadi kebutuhan yang sangat urgent di Dinsos Kepulauan Selayar.

Sementara itu, Saiful Arif dalam sambutannya mengatakan bahwa launching penyiapan Rumah Singgah “Pangamaseang” ini merupakan suatu upaya untuk membantu masyarakat/keluarga pasien yang kurang mampu dan jarak yang terlalu jauh dari rumah tinggal ke rumah sakit sehingga dapat dipergunakan sebagai tempat beristirahat sementara sembari menunggu pasien ODGJ mendapatkan pelayanan dan perawatan di Rumah Sakit Umum KH. Hayyung.

Ia juga berharap agar Rumah Singgah ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua pihak.

“Tentu kita berharap bahwa rumah singgah Pangngamaseang ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pihak yang membutuhkan di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, jangan dimanfaatkan kepada hal-hal yang tidak sesuai dengan tujuan didirikannya Rumah singgah ini,” ujar Saiful Arif

Sebagai informasi tambahan, bahwa untuk saat ini sudah ada keluarga pasien ODGJ yang telah mempergunakan layanan Rumah Singgah ini yaitu dari keluarga pasien inisial R (43 Tahun) yang berasal dari Dusun Rakrak, Kecamatan Bontomatene.