RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Enam Kepala Desa mengikuti Pemaparan Program Inovasi Desa dalam Ajang Lomba Desa yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis (30/11).

 

Sekretaris Daerah, Mesdiyono saat membuka acara mengatakan bahwa lomba desa ini merupakan salah satu bentuk evaluasi terhadap kinerja pemerintah desa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

 

Selain itu juga sebagai sarana apresiasi Pemerintah Kabupaten terhadap atas prestasi yang telah dicapai oleh para Kepala Desa dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan desanya.

 

Mesdiyono dalam kesempatan ini, sangat mengapresiasi inovasi enam desa yang sudah terpilih dan berharap menjadi contoh sekaligus dijadikan sebagai motivasi bagi desa lainnya dalam pengembangan dan penerapan inovasi dalam penyelenggaran pemerintahan desa.

 

“Kita juga harapkan, melalui lomba desa ini dapat meningkatkan kinerja aparatur desa khususnya dalam menghadirkan program dan inovasi, khususnya yang berorientasi pada pelayanan masyarakat,” ucap Mesdiyono.

 

Sementara itu Kepala Dinas PMD, Irwan Baso yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana, mengungkapkan kegiatan penilaian lomba desa ini, dilaksanakan sejak April-Juni 2023.

 

Pemaparan inovasi ini merupakan penilaian tahap akhir dari seluruh rangkaian penilaian Lomba Desa Tahun 2023, selanjutnya pemenang akan diumumkan pada Puncak Peringatan HKG Ke-51 Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar yang akan dilaksanakan di Lapangan Pemuda Batangmata, Kecamatan Bontomatene, pada Senin (4/12).

 

Adapun enam desa yang terpilih dan hadir menyampaikan pemaparan inovasinya adalah Desa Majapahit, Desa Bontosunggu, Desa Patilereng, Desa Bontomarannu, Desa Bontonasaluk dan Desa Bontolempangan.

 

Dihadapan tim penilai dan undangan yang hadir para Kepala Desa ini tampak tampil percaya diri dan penuh semangat memaparkan masing-masing inovasinya, begitupun saat mereka menjawab pertanyaan dari Sekretaris Daerah dan Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Selayar.