RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Komando Distrik Militer (Kodim) 1415 Kepulauan (Kep) Selayar, melakukan Karya Bakti dan Program Penanaman Pohon Mangrove, di Pantai Barat, Kampung Padang, Desa Bontosunggu, Kecamatan Bontoharu, pada Kamis (7/12/2023) pagi. 

Dandim 1415, Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, mengatakan bahwa tujuan utama penanaman mangrove adalah melindungi garis pantai dari abrasi selain sebagai bentuk pelestarian lingkungan. 

Menurut Dandim, dengan penanaman pohon magrove akan melindungi ekosistem yang ada di dalamnya, sehingga kedepannya akan berdampak positif dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat terkhusus pada generasi yang akan datang. 

“Selayar merupakan wilayah yang dikelilingi lautan, oleh karena kita harus sering melaksanakan kegiatan tanam mangrove, sehingga biota laut terus terjaga dan kedepannya bisa dinikmati oleh masyarkat terkhusus anak cucu kita,” ujarnya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap lingkungan, ada sekitar seribu pohon disiapkan dalam pelaksanaan kegiatan ini, selain tanam pohon Mangrove, kita juga akan melaksanakan kegiatan bersih pasar,” imbuhnya

Penanaman pohon mangrove ini tidak berhenti sampai disini, akan terus dilakukan dilokasi lainnya,  ia juga berharap dan mengimbau masyarakat sekitar dengan penuh kesadaran dapat merawat dengan baik, sehingga apa yang diharapkan dari kegiatan ini dapat tercapai. 

Kegiatan penanaman pohon magrove tersebut selain TNI-Polri, juga turut diikuti oleh Forkopimda, Unsur Pejabat Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, Pemerintah Kecamatan dan Desa setempat,  Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan, serta unsur dari kalangan Pelajar serta komponen masyarakat sekitar.