RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh Basli Ali meresmikan penyaluran bantuan pangan berupa beras sebanyak 121,7 ton yang akan dibagikan kepada 12.170 Kartu Keluarga (KK) pada seluruh kecamatan di Kepulauan Selayar.

“Setiap penerima bantuan pangan ini nantinya akan mendapatkan bantuan beras sejumlah 10 kg setiap bulan selama 6 bulan mulai bulan Januari s/d bulan Juni 2024. Tahap I akan diberikan pada bulan Januari-Maret 2024 dan Tahap II diberikan pada bulan April-Juni 2024,” kata Norin Samma mewakili pimpinan Perum Bulog Bulukumba.

Penyaluran bantuan yang diresmikan Basli tersebut merupakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahap 1 tahun 2024 yang menjadi bagian dari program nasional dalam penanggulangan kemiskinan ekstrim, kerawanan pangan dan gizi, penurunan stunting, menjaga stabilitas harga dan pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga yang terjadi akhir-akhir ini.

Agenda tersebut mengundang antusias ratusan warga penerima manfaat untuk datang ke Pendopo Dekranasda yang menjadi pusat penyaluran, Senin pagi (5/2/2024).

Basli menegaskan, penyaluran bantuan ini murni untuk meringankan beban pengeluaran masyarakat penerima bantuan.

“ini murni untuk meringankan beban masyarakat, jadi dalam penyalurannya untuk tidak dikait-kaitkan dengan proses kontestasi yang sedang berlangsung,” tegasnya.

Basli mengatakan bahwa tugasnya hanya melakukan pengawalan dan memastikan bantuan pangan tersebut benar-benar terealisasi sesuai ketentuan.

Untuk itu, Basli menginstruksikan seluruh OPD terkait, para Camat, Lurah dan Kepala Desa bersama seluruh jajarannya di tingkat bawah untuk mengambil langkah taktis agar bantuan dapat secepat mungkin diketahui dan sampai ke penerima manfaat sesuai target yang telah ditentukan.