RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif menyegarkan kembali terkait fungsi pers pada momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, yang diperingati setiap Tanggal 9 Februari.

Fungsi pers, menurutnya, selain sebagai media informasi, pendidikan dan hiburan, juga berfungsi sebagai kontrol sosial.

Saiful khawatir jika pemerintah salah dalam mengambil kebijakan jika insan pers hanya memberikan informasi-informasi yang menggembirakan pemerintah, tanpa ada kritikan yang sifatnya membangun. Disisi lain, kata dia, pemerintah tidak boleh alergi dengan kritikan.

“Kalau insan pers hanya memberikan informasi yang menggembirakan, tapi karena media terlalu berbaik hati tanpa kritik yang konstruktif, kami sebagai pemerintah khawatir, jangan sampai kami sudah lama salah arah sehingga salah dalam mengambil kebijakan,” ucap Saiful.

Meski demikian, Saiful berharap, informasi-informasi yang disajikan pers jangan hanya didominasi oleh informasi kritikan, tetapi harus berimbang, ada unsur Pendidikan dan hiburan.

Menurutnya, kontrol sosial harus diperankan dengan baik dalam koridor aturan dan etika. “Kontrol sosial dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan,” katanya.

Sementara kabid Humas dan IKP, Andi Sandra Esty Abriany, menyampaikan terima kasih kepada seluruh awak media yang telah bersama-sama mengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Semoga kerja sama ini kedepannya mampu kita pertahankan dan ditingkatkan,” katanya.

Sandra menyampaikan bahwa kegiatan silaturrahim yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Selayar dengan para wartawan itu sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pers yang selama ini dinilai banyak membantu pemerintah daerah dalam penyebarluasan informasi.