RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Setidaknya ada 60 dokter spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sulselbartra), akan melakukan pengabdian kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar pada April 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, setelah melakukan pertemuan terbatas di Kantor Bupati Kepulauan Selayar pada Jumat (16/2/2024).

Saiful Arif mengatakan, pertemuan tersebut membahas jadwal, lokasi, akomodasi, jenis kegiatan, transportasi, serta jumlah timn dokter yang akan datang dan peserta bakti sosial yang diharapkan hadir dalam setiap kegiatan.

Salah satu tujuan dari bakti sosial ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan paru dengan mencegah penularan penyakit dan meningkatkan kesehatan penderita penyakit paru.

Lebih rinci disampaikan, kegiatan yang akan dilaksanakan, di antaranya workshop kesehatan paru, ramah tamah, jalan sehat, senam paru sehat, pemeriksaan kesehatan gratis (Spirometri + Cek CO Analyzer), skrining dan deteksi dini kanker paru, penyuluhan kesehatan, dan seminar.

Saiful mengatakan, bakti sosial akan berlangsung pada Jumat-Sabtu pada pekan terakhir April atau pekan pertama Mei. Terkait Akomodasi, ia siap memberikan data hotel dan penginapan di Selayar. PDPI akan memilih sesuai dengan persiapan anggaran.

Meski begitu, Pemerintah setempat juga siap memberikan fasilitas rumah penduduk jika dibutuhkan.