RAKYAT.NEWS, SELAYAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Selayar telah melakukan Gerak Cepat (Gercep) dalam memberikan bantuan kepada korban kebakaran, Nur Hidayani di Lingkungan Batangmata Sapo Utara, Kelurahan Batangmata Sapo, Kecamatan Bonto Matekne.

Wakil Bupati Selayar, Saiful Arif, yang sedang dalam perjalanan dinas menuju Makassar pada hari Rabu (18/9) siang, menyatakan bahwa setelah berhasil mengirim personel BPBD, Dinsos, dan PMI dengan membawa bantuan masing-masing ke lokasi kebakaran.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Saiful kemudian mengonfirmasi kepada pihak Baznas Selayar apakah para korban kebakaran dapat menerima bantuan.

“Apakah Baznas tidak bisa memberikan bantuan pada korban kebakaran?,” tanya Saiful.

Salah satu wakil Ketua Baznas Selayar, Leonardo Siregar, menyatakan bahwa setelah mendengar informasi tersebut, pihaknya langsung bergerak cepat untuk memberikan bantuan.

“Mendengar info dari berbagai sumber terkait musibah Kebakaran tersebut, kami segera rapat kilat dan sepakat untuk memberikan bantuan uang tunai. Besarnya, 5 juta rupiah,” tegas Leo.

“Sebenarnya, kami sedang sibuk melayani warga yang mendapat bantuan dan diserahkan di Kantor Baznas, di Komples Masjid Agung Al Umarain, Rabu (18-9) pagi, namun karena kami yakin, bantuan uang tunai, saat ini sangat dibutuhkan oleh korban, maka kami sepakat, sesudah acara pembukaan, Ketua Odding Karim, didampingi Andi Baso, dan Patta Bone, segera pamit tinggalkan forum, dan bergegas segera ke Batangmata Sapo untuk menyerahkan bantuan uang tunai kepada korban,” tambah Leo.

Menerima informasi dari Leonardo dan memantau situasi di lokasi kebakaran, Saiful Arif menambahkan bahwa bantuan uang tunai dari Baznas langsung diserahkan oleh Ketua Baznas, Odding Karim, kepada korban yang diterima langsung Hidayani dihadiri oleh perwakilan Baznas, Andi Baso, dan H Patta Bone. Korban yang menerima bantuan juga didampingi oleh Lurah Batang Mata Sapo, Ahmad Nasrum.

Saiful Arif kemudian mengucapkan terima kasih kepada Baznas yang telah bertindak cepat dalam menyediakan bantuan berupa uang tunai yang sangat dibutuhkan oleh korban saat ini.

“Kita juga berharap pada pihak lain, di luar pemerintah dapat melakukan donasi u membantu korban. Dan Lurah setempat segera melakukan langkah koordinasi u membangunkan rumah darurat, agar korban bisa segera beraktifitas normal kembali,” tutup Saiful.

Sebelumnya pada hari Rabu (18/9) pukul 03.00, rumah Nur Hidayani terbakar di Dusun Batangmata Sapo Utara, Kelurahan Batangmata Sapo, Kecamatan Bontomatene, Selayar, dengan kerugian berupa rumah kayu besar, 70 gram emas, 1 unit motor supra, 2 mesin jahit (neci, obras, sirsak, bordir), total 6 unit, uang sebesar 5 juta rupiah, ijazah, BPKB, identitas diri, dan 4 unit HP Android.